Rabu, 17 Mei 2017

Jangan Lupakan Penciptamu.



Diliat dari judul, kayanya postingan ini bakal rohani nih bawaannya. Iya. Sekali kali. 
Ini gue dapet dari kemaren pas bertamu di gereja orang. Yang khotbah orang dari General Conference; Pst. Marcos Bomfim. Dia ini Stewardship Director nya GC.
Jujur, gue dengerin khotbah itu masuk engganya ke hati tergantung isi khotbah dan cara penyampaiannya. Dan jarang banget gue dengerin khotbah. If u kno what i mean. 
Tapi tumbenan banget kemaren gue perhatiin dari awal sampe abis. 

Di awal khotbah dia bercerita tentang kesulitan keuangan yang dia hadapi. Bagaimana dia sampe mau ngasih persembahan di gereja aja susah. Bagaimana dia sampe mau ngurangin perpuluhannya dia. Tapi ga sampe begitu, kenapa, Karena dia ingat kalo dia punya Tuhan yang kaya. Dia bilang segala sesuatu yang dia peroleh selama ini juga bukan karna kekuatan dia, tapi pemberian Tuhan. Makanya itu, setiap kali hasil yang didapat dari pekerjaan apapun, 10% nya itu diberikan buat Tuhan. Dikembalikan sih. Bukan 8%, atau 7%, atau bukan juga 15%. Tapi 10% untuk perpuluhan dari setiap pendapatan. Kalo mau ngasih lebih, masuknya bukan ke perpuluhan dia bilang, tapi ke persembahan.

Dia bilang gini "saya memberikan perpuluhan itu bukan karna program dari Gereja atau proyek di suatu tempat dimanapun itu. Mindset saya tidak pernah berpikiran kesitu. Saya memberikan perpuluhan dan persembahan karena kasih saya kepada Tuhan. Karena saya harus mengembaikan yang bukan menjadi hak saya". 

"Kadang kita selalu berseru kepada Tuhan hanya pada saat kita sedang lemah. Kalo kita lagi 'diatas', kebanyakan lupa kepada siapa yang memberi itu semua". Pas gue denger kalimat yang ini, ada benernya juga sih. Yah namanya manusia yah, suka lupa ama kulit. 

Dia ngasih tips juga gimana supaya kita tidak melupakan Tuhan. Gimana supaya tabiat-untuk-tidak-melupakan-Tuhan itu dapat kita bentuk dalam keseharian kita. Ada 3 tips yang dia kasih :

2. jiah.

1. Tempatkan Tuhan di awal dan akhir setiap harimu
halah. gimana ya bahasanya. Jadikan Tuhan yang pertama dan yang terakhir setiap harinya. Ya gitu. Sebelom kita melakukan aktifitas harian kita, kita harus terlebih dahulu mencari Tuhan. Karena balik lagi, apapun yang kita dapatkan pada hari itu, itu bukan karna kekuatan kita. Dan yang terakhir sebelum kita tidur. 
Emang ga gampang melakukan hal yang keliatannya sederhana ini. Tapi kalo kita disiplin sama diri sendiri, lama-lama pasti bisa. Bisa karena biasa. suka karena melihat. Dan cinta karena bersama. Dih, curhat. 

2. Pelihara hari Sabat
Hari perhentian atau hari istirahat ini harus benar-benar kita pelihara. Gimana? Baca alkitabnya. ada semua disitu. (padahal mah emang gatau aja gue nya :)))) 
Yah, contohnya aja lah dengan tidak melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan di hari lain. Supaya kita bisa fokus ke Tuhan pada hari itu. simpelnya gitu. 

3. Setia sama perpuluhan
Ini sama kaya tulisan gue diatas tadi. Perpuluhan itu 10% dari setiap pendapat kita, kita kembalikan ke Tuhan yang sudah memberikan kita berkat itu. Wajib. 


Kalo kita sudah setia pada 3 hal diatas, makanya otomatis kita ga melupakan Tuhan disaat apapun kita. 
Ini semua yang gue tulis merupakan inti dari yang Pst. Marcos omongin ya. 
Jadi intinya, tidak seharusnya kita melupakan Pencipta kita di situasi senang, atau di segala situasi. Tidak hanya ingat pada saat susah doang. Kaya temen noh, ada yg gitu. cie jadi gitu. Boong becanda. Temen gue mah bae-bae. 

Udah. Sekian sesi rohani di blog ini. Nanti-nanti bakal ada sesi yang lain. atau sesi rohani lagi. Liat ntar. Nulis aja uda jarang :))

See you guys!


2 komentar:

Welcome Back!

Welcome back dijudul itu lebih ke buat gue pribadi sih di blog gue ini. Gatau kenapa tiba-tiba pengen nulis-nulis lagi aja. Terakhir gue nul...