Kamis, 27 April 2017

Fokus




Belakangan ini, dunia sedang dihebohkan... tsah, pembukaannya kaya portal-portal berita resmi yegak :))
Gue udah mulai males untuk nulis. Dan itu gawat. Kalo kita uda males nulis otomatis kreatifitas kita juga berkurang. Itu menurut gue sih, entah, menurut gue ada hubungannya. Kalo gada hubungannya ya maap. 

Cerita dikit, kemaren ini gue abis dari Bromo lagi. Dan sebelomnya di blog gue ini juga, gue pernah nulis tentang Bromo. Biaya kesana berapa. Itu taun berapa ya gue tulis lupa, yang pasti gue kaget, budget yang gue tulis disitu sama yang gue pergi kemaren (23 April 2017) masih sama. Bedanya ya sekarang gue berangkatnya naik bus dari Bali. Kalo yang gue tulis itu dari Bogor naik kereta. Jadi intinya harga yang disitu masih berlaku (ternyata) sampe sekarang buat lo pada yang mau liburan ke Bromo.

Nah itu merupakan contoh ketidakfokusan penulis pada topik :))) judul apaan, ceritanya kemana. Masuk ke pokok bahasan; Fokus. 
Entah kenapa sekarang-sekarang ini kata fokus itu dihubung-hubungkan sama salah satu merk air mineral. Pokoknya kalo kita uda kehilangan fokus, orang-orang disekitar kita pasti langsung bilang kurang A*qua. Apakah benar kehilangan konsentrasi itu berpengaruh terhadap tingkat kadar air mineral dalam tubuh kita? Ohh, engga, ga bakal gue bahas itu sih. Di blog gue tetep kaya orang ga berpendidikan :))

Pengertian dari fokus itu ga cuma konsentrasi kok. Melihat ke suatu tujuan dan berusaha untuk mendapatkannya juga bisa disebut dengan fokus. 
Kalau masalah konsentrasi, itu sih uda jelas antara dua. Lo kebanyakan pikiran (maksudnya badan lo disini, tapi pikiran lo kemana-mana), atau emang lo lagi ngantuk. Menurut gue 2 hal itu yang bisa ngilangin konsentrasi. Apalagi yang kebanyakan pikiran tuh. Stress. Itu bikin orang jadi bego. Kebanyakan bengong. Planga plongo. Dijelasin kaga masuk. Diulang masih kaga ngerti. Susah deh. 
Obatnya? Take a break. 

Kalo yang fokus untuk mendapat suatu tujuan ini susah susah gampang sob. Kenapa? Karena seiring waktu dan tempat nongkrong nih, tujuan kita itu bisa dengan mudahnya ke distract, bener ga? Ya tergantung masing-masing orang juga sih. Contoh, waktu masih smp lo pengen banget jadi penari. Seiring waktu berjalan temen-temen sekeliling lo itu pemakai semua, halah,  pe... tani, pe apa yah yang asik, pelacu, pe...basket semua. Nah, lo gaul ama mereka. Terus kemudian mulai muncul ketertarikan terhadap basket dalam hati yang paling dalam. Lama-lama mulai nyoba-nyoba maen basket. Keinginan lo untuk jadi penari mulai pudar. Ya begitu contohnya. 

Emang susah susah gampang kan. Yang bikin gampang ya lo fokus tadi. Tapi menurut gue kalo emang dasarnya uda passion lo sih, udah agak gampang nih buat sampe ke tujuan tanpa ke distract, apalagi ditambah sama fokus. 
Gimana caranya? Ya diinget-inget terus tujuan sebenernya lo itu mau kemana. Komitmen supaya tujuan lo itu bisa tercapai diujung nanti. Kalo tujuan lo pengen nikah, ya lo bikin rekening khusus buat tabungan nikah, maksud gue hal hal yang emang khusus gitu supaya lo keinget terus. 
Intinya untuk fokus itu ga perlu air mineral. Tapi komitmen lo sampe sejauh mana supaya bisa ngejar mimpi-mimpi lo itu. 

Gue jojo selamat pagi!


2 komentar:

  1. Karena seiring waktu dan tempat nongkrong nih, tujuan kita itu bisa dengan mudahnya ke distract, bener ga? => BENAAARRRR

    BalasHapus
    Balasan
    1. nainiiiii.. wakakakakakakk, padahal ga gw publish.

      Hapus

Welcome Back!

Welcome back dijudul itu lebih ke buat gue pribadi sih di blog gue ini. Gatau kenapa tiba-tiba pengen nulis-nulis lagi aja. Terakhir gue nul...