Kamis, 18 Mei 2017

Info Backpacker ke Bromo per April 2017



Halo para backpackers! Para pecinta jalan-jalan tapi dengan budget se minim-minimnya :))) 
Gue cuma mau update aja harga-harga nya karena sebelomnya gue pernah juga nulis tentang backpack ke Bromo tapi taun 2013 disini;
Dan bedanya juga, sekarang berangkatnya dari Bali. Kalo yang kemaren kan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta. 
Jadi ya kalo lo mau liat-liat blog traveller beserta budget-budgetnya selain ke Bromo ini, lo bisa kunjungin gegemartina.com (ntar juga anaknya komen di bawah)  :))))

Kemarin gue dari bali itu naik bus Gunung Harta. Busnya uda keren sih, yang bus barunya; Scania. Uda ada tipinye. Harga tiketnya 220rb. Ada juga sih yang biasa, harganya 200rb. Itu lo turun di terminal Arjosari Malang. Gue waktu itu berangkatnya sore sekitar jam 4. Nyampe Malangnya jam 3 pagi (ini sih tergantung sopir bawanya kaya gimana dan keadaan jalanan juga sih). Atau lebih simple langsung ke probolinggo aja. Kemaren gue ke Malang karna mau jalan dulu disono sebelom ke Probolinggo.
Nah, dari Arjosari ini, lo langsung aja cari bus yang ke Probolinggo. Banyak kok, dan AC. Harga tiketnya 30rb. Perjalanan Malang-Probolinggo sekitar 2 jam. Pas tuh se film. hehe. 
Dari terminal Probolinggo, lo  keluar terus jalan ke kiri. Disitu lo nemu dah angkutan ke Bromo, mobil L300 gitu. Nah ini nih, nunggunya lama banget, karena ga semua orang yang lewat situ mau ke Bromo, sedangkan itu sopir mau berangkat kalo mobilnya uda penuh. Sungguh suatu perkara yang tidak mudah bukan? 
Setelah lewat 2 purnama, akhirnya itu mobil penuh. Harga masih sama dari dulu, 35rb. Perjalanan ke Bromo dari terminal Probolinggo itu kira-kira 1,5 jam. Pokoknya kalo lo keluarin tangan dari mobil, terus hawanya belom dingin, nah, masih jauh tuh artinya :)) 
Nyampe sono tiket masuknya lokal 5rb saja. Penginapan disana itu sekitar 150-250rb tergantung tempat, fasilitas, dan kebaikan si pemilik homestay. 
Nah sewa jeep ini yng uda mahal. 600rb per mobil. Jadi emang harus sharing sama orang sih kalo mau murah. 
Kebetulan gue kemaren ga dapet sharingan. Jadi gue ke Penanjakan itu naik ojek, gue tawar sampe ke 125rb. Lo bayangin, subuh-subuh jam 3 naik motor di Bromo, dan kang ojeknya ngebut. Itu antara 2, kalo ga paru-paru basah, ya masuk jurang. Pokoknya tawar-tawar ajalah. 
Makanan? hmm makanan disana murah-murah kok. 10rb aja uda kenyang, asli. Baliknya juga sama, naik L300 ke terminal probolinggo lagi. Tenang, L300 selalu stay disana kok. Masih sama, 35rb juga. 
Tapi kalo dari Probolinggo ke Bali, gada trayeknya. Jadi lo harus nembak dari pinggir jalan bus yang ke Bali. Biasanya 150 juga uda mau kok.  

Kalo lo dari Jakarta, liat aja blog gue yang pernah nulis tentang info backpacker ke Bromo juga. 
paling harganya yg ga update. Setau gue yang berubah itu paling tiket kereta, sama ongkos angkot aja.
Jadi tiket kereta Matarmaja dari ps. Senen ke Malang itu sekarang uda 109rb. 
Angkotnya dari cikini ke Ps. Senen itu sekitar 5rb. Itu doang sih paling, yang ga update. 

Jadi selamat liburan ke Bromo. 


untuk kurang lebihnya komen aja dibawah yak. Thankyou. 



1 komentar:

Welcome Back!

Welcome back dijudul itu lebih ke buat gue pribadi sih di blog gue ini. Gatau kenapa tiba-tiba pengen nulis-nulis lagi aja. Terakhir gue nul...