Senin, 20 Mei 2013

People Change




Pernah denger gosip preman pasar anyar insaf? Oke, bodo amat yah, kenal juga kaga. Lo pada juga kaga tau kan pasar anyar dimana. Tapi intinya kaya judul diatas. People Change.
Gue punya banyak temen yang gw tau persis gimana kehidupannya, dan mereka yang sekarang uda beda banget sama mereka yang dulu, yang gue kenal. Ada yang dulunya suka tauran, suka malak, pokoknya tiap bulan nama dia selalu muncul dengan indahnya di buku kasus sekolah, dan sekarang hati dia uda lembut kaya kulit duren bulu domba, kehidupannya galau karena cinta, dan nonton sinetron bisa nangis sambil pelukan ama pot bunga. Ada juga yang dulunya suka copet di metromini tapi sekarang uda rajin shalat 5 waktu. Sampe sekarang dia masih tau caranya nyopet tapi si korban ga kerasa kalo handphone atau dompetnya uda ilang. Gue bilang, "Man, dari pada lo nyopet man, mending ngepet", kemudian dia unfollow gue dari twitter. Oke ngaco. Jangankan hal-hal extreme semacam tadi yah, hal-hal seperti yang-dulunya-ngerokok-sekarang-kaga juga ada. Banyak. 

Yes, people change. Ga mungkin seorang manusia yang mempunyai akal sehat mau selamanya ada dalam kehidupan yang ga bener. Pasti dalam hati kecil mereka pun ada kerinduan untuk mengubah diri mereka ke yang lebih baik lagi, walopun itu seorang preman atau pencopet sekalipun. Lah terus gimana mereka bisa berubah, orang udah banyak yang bilangin tapi ga berubah-berubah kok. Guys, lemme tell you, orang-orang seperti ini, tidak mungkin diubah oleh orang lain (ya,okay mungkin aja sih, tapi kemungkinannya kecil) kecuali oleh diri mereka sendiri. Mau lo nasehatin mereka sampe mulut lo keluar nanah juga paling banter mereka iya-iya aja. Sesaat setelah lo nasehatin orang seperti ini respon mereka pasti yang "hmm, bener juga sih", dan setelah itu lo harus siap kalo ternyata lo emang cuma di hmm-iya-bener-sih-juga-in doang. 

Ya terus gimana cara ngubahnyaaaaa? Oke guys, ga salah kok menasehati mereka walaupun terlihat percuma. Sebenernya ga ada yang percuma. Nasehat lo pada itu pasti tertanam dengan baik di alam bawah sadar mereka, nasehat lo pada bisa jadi menjadi salah satu penyebab mereka insaf dari kenakalan mereka. Suatu saat alam bawah sadar mereka terangkat ke permukaan dan sadar kalo nasehat lo itu ada benernya juga. Berdoa aja. Tapi selain nasehat itu, biasanya orang-orang seperti itu bisa insaf karena suatu 'bencana' menimpa mereka, tapi amit-amit yah jangan sampai kejadian buat siapapun. Biasanya setelah kejadian itu mereka memutuskan untuk 'tobat'. 

People change! Bagaimanapun setiap orang merindukan kehidupan yang lebih baik buat dirinya masing-masing. Entah itu emang buat pribadinya, entah itu untuk status sosialnya yang ingin di cap lebih baik lagi, tapi untuk apapun itu, tentunya kita semua turut senang bukan kalo dia sudah berubah menjadi lebih baik? :)
Jadi kita hanya bisa menunggu malaikat 'menyentil' hatinya supaya mereka sadar, dan bisa hidup lebih baik lagi. 
Pertobatan dari hati emang yang terbaik dari pada pertobatan karena pacar, atau nasehat orang lain sekalipun, atau supaya status sosial dianggap baik-baik. Itu namanya muna. :)

People Change!

3 komentar:

Welcome Back!

Welcome back dijudul itu lebih ke buat gue pribadi sih di blog gue ini. Gatau kenapa tiba-tiba pengen nulis-nulis lagi aja. Terakhir gue nul...