Rabu, 20 Agustus 2014

Basa-Basi



Selamat siang Indonesia! 

Ngomong-ngomong Indonesia, selamat hari jadi ke 69 ya buat negara kita tercinta ini. 69... hmm..  Okay skip.
Sudah setahun lebih setelah gue post tentang hari kemerdekaan. Tapi masalah-masalah yang ada tentang Indonesia di postingan gue tahun lalu ya masih ada juga ampe sekarang. Ya walaupun sudah berkurang (?). 
Itu menandakan Indonesia selama setahun ini sudah mengalami perbaikan (?). 
Jadi, sekali lagi harapan gue di tahun ini, mudah-mudahan di postingan gue tahun depan, gue bisa nulis kalo Indonesia sekarang uda lebih maju dari Amerika. Amin. Yaudah sih aminin aja. 

Okay kali ini kita akan membahas tentang basa-basi. Iya, kaya pembukaan gue di atas tadi, basa-basi.

Gue gatau, sebenernya, apakah sudah menjadi budaya orang Indonesia kalo mau sesuatu sama orang itu harus ada basa-basinya dulu.  Contoh :

"Bro, apa kabar?"

"Baik. Tumben nanya.."

"Hahaha, uda lama aja ga ngobrol. Gawe dimana sekarang?"

"ooh, di Bali coy.."

"Wih manteb. Jadi gini bro. Blablablabla.."

Harus ada pembukaannya dulu gitu. Ya maksud gue, pembukaan emang penting sih, tapi kan bisa yang cuma bro, gue mau minta tolong nih. Itu pembukaan kan, tapi langsung. Ya sebenernya ada hubungannya sama nilai kesopanan juga sih, iya. 

Basa-basi yang kaya gitu sih masih mending yah, masih penting. Ada juga basa-basi yang berupa pertanyaan. Misalnya nih baru pulang kerumah gitu kan. "Eh, baru pulang?" | "KAGA, BARU BANGUN!". Yekan kaga pentiing. Jadi pertanyaan retoris jadinya. 

Yah, mungkin sudah menjadi budaya kesopanan di Indonesia ini basa-basi dalam bentuk apapun. Mungkin juga menurut gue, basa-basi merupakan sikap (ingin) akrab terhadap orang lain. Khususnya yang baru kenal juga sih ya.
Soalnya dengan cara apa lagi coba kita mengakrabkan diri dengan orang lain kalo awalnya tanpa basa-basi. 

Tergantung tipe orangnya juga sebenernya. Ada tipe orang yang emang basa-basi banget. Jadi dia kalo mau ngomong yang intinya A, dia ngalorngidul dulu kurang lebih setengah jam sebelom tiba di topik inti. Ada orang kaya gitu, ada. Ada juga orang yang langsung ceplas-ceplos ga pake basa-basi. Iya biasanya orang-orang ini bertugas sebagai penagih utang, atau preman tanah abang. Ya ada juga sih orang normal yang bukan penjahat yang ga pake basa-basi.

Gue sendiri, emm, tergantung situasi sih sebenernya. Gue memakai basa-basi yang emang basi (atau engga, ga tau) itu pada saat, ya you kno. Modus. Tanpa basa-basi, modus kita hambar man! Tanpa basa-basi kita tidak memberi kenyamanan terhadap gebetan kita! hahahaha. Modus tanpa basa-basi = nembak. Iyegak? gak? yaudah serah.

Ya intinya basa-basi itu wajar sih selama ga kebanyakan. Orang dengernya juga bosen. Orang juga pengen langsung ke inti topik. Beberapa orang juga ga peduli sama basa-basi lo kalo ternyata basa-basi lo itu ga penting. 
Jadi berbasa-basi lah dengan sewajarnya. Karena memang ternyata untuk memulai percakapan khususnya dengan orang ga dikenal itu emang butuh basa-basi. Basi-basi ama orang ga dikenal yang paling populer itu adalah nanya jam. Padahal intinya mau kenalan. ppfftt.

Okay, semoga basa-basi lo ga basi. 




*Iya, ini semua cuma basa-basi blog*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome Back!

Welcome back dijudul itu lebih ke buat gue pribadi sih di blog gue ini. Gatau kenapa tiba-tiba pengen nulis-nulis lagi aja. Terakhir gue nul...